Sunday 8 September 2013

Cara menyetel gitar bagi pemula

Belajar Cara Menyetel Gitar | Menyetem Gitar.

Pertama dulu saya bermain gitar adalah ketika saya masih duduk dibangku SMP sampae sekarang saya masih suka bermain gitar,bisa bermain gitar adalah merupakan kepuasan tersendiri bagi Saya,apalagi pada saat suasana sedang galao, namun bermain gitar saja kurang lengkap rasanya apabila kita masih belum bisa menyetel atau menyetemnya pada saat senar sewaktu-waktu menjadi fals karena beberapa keadaan.
Hal ini perlu sekali diperhatikan agar suara senar gitar yang dimainkan tersebut dapat terdengar merdu.
Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyetem/ menyetel gitar. Namun disini, saya akan mencoba menghadirkannya dengan cara yang biasa saya lakukan saat menyetel gitar saya, Cara ini sangat cocok bagi anda yang baru ingin bermain gitar/pemula sebagai langkah pembelajaran awal mendalami nada-nada pada gitar :

1. periksalah keadaan senarnya apakah masih lengkap atao kurang, jika senarnya masih belum lengkap silakan beli dulu senar di toko musik langganan anda, jika ada senar yang rusak sebaiknya diganti dulu.
2. Petiklah dan putar senar gitar nomor 1 (paling bawah) tanpa tekanan sesuai nada yang anda inginkan
3. Petik Senar nomor 2 tekan pada kolom nomor 5, samakan dengan bunyi senar gitar nomor 1 tanpa ditekan . bunyi keduanya harus sama.
4. Petik senar nomor 3 tekan pada kolom nomor 4, samakan dengan bunyi senar nomor 2 tanpa ditekan.
5. Petik senar nomor 4 tekan pada kolom nomor 5, samakan dengan bunyi senar nomor 3 tanpa ditekan.
6. Petik senar nomor 5 tekan pada kolom nomor 5, samakan dengan bunyi senar nomor 4 tanpa ditekan.
7. Petik senar nomor 6 tekan pada kolom nomor 5, samakan dengan bunyi senar nomor 5 tanpa ditekan.

Jika anda sudah melakukannya tapi suara gitar masih saja sumbang maka anda harus mengulanginya sampai mendapatkan suara yang pas. jika keadaan tidak berubah maka segeralah cari teman anda yang lebih pintar menyetel gitar heheheeee

No comments:

Post a Comment

window.setTimeout(function() { document.body.className = document.body.className.replace('loading', ''); }, 10);